RUMAH HIJAU, BERKEBUN DENGAN MEMANFAATKAN KALENG BEKAS

 


Hallo para kebuners....

Pada kesempatan kali ini, ditengah pandemi covid-19 yang belum berakhir, begitupun dengan kegiatan kantor yang masih sistem WFH, terkadang membuat kita jenuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
Nah kali ini, kang Apip mau berbagi salah satu kegiatan akang selama pandemi ini, yaitu dengan berkebun.

Berkebun merupakan kegiatan bercocok tanam berbagai macam tanaman, khususnya sayur-sayuran dan segala macam jenis lainnya.

Tentu kegiatan ini sangat mengasikkan dan menyenangkan bukan, dimana kita tahu begitu mudahnya kita mendapatkan segala macam bibit-bibit sayuran tersebut. Bisa kita membuat bibit itu sendiri ataupun bisa membeli bibit tersebut ditoko-toko yang tersedia, tinggal bagaimana kitanya apakah mau menjadikan lingkungan kita hijau dengan berkebun atau memang malas menghijaukan lingkungan. 

Salah satu kendala seseorang malas berkebun adalah tidak tersedianya lahan yang luas untuk berkebun. Tentu itu bukan alasan kita bermalas-malasan berkebun, karena kita bisa memanfaatkan segala macam pot, wadah, atau mungkin kaleng bekas sabagai tempat bercocok tanam, selain murah juga tidak memakan tempat serta lingkungan tetap hijau. 

Pada eksperimen kali ini akang apip memilih kaleng bekas sebagai pengganti pot, dan bibit cabai sebagai tanamannya. Hal tersebut dikarenakan akang begitu mudah mendapatkan itu semua. 

Lantas apa saja sih, hal-hal yang harus dipersiapkan untuk berkebun dengan menggunakan kaleng bekas ?.  Sangat simple dan sederhana kok, cukup sediakan bibit (sesuai selera ya), tanah dan kaleng bekas yang sudah dilubangi ya. Perawatan pun sangat mudah cukup siram dua kali sehari pagi dan sore. Dan senantiasa sabar hingga tumbuhan tersebut tumbuh berkembang dan pada akhirnya bisa kita nikmati. Selamat mencoba.....

Terus apa sih gunanya kita capek-capek menanam sayur atau buah sendiri, sementara kita dengan mudahnya mendapatkan itu semua dipasaran.

Menurut akang sih, dengan kita menanam sayur sendiri adalah, kita bisa merelaksasi diri dari segala macam aktivitas kantor yang padat. Selain itu, melatih kita untuk terus berupaya menghijaukan lingkungan sekitar dan tentu menjadikan lingkungan bertambah indah. Melatih tanggung jawab, karena kita harus bertanggung jawab untuk senantiasa menyiran tanaman itu setiap hari dan ini akan melatih kita untuk saling memberi dengan mahluk selain manusia tentunya, ya.. contohnya tanaman tersebut.

Oke mulai saat ini  tidak ada lagi alasan kita semua malas untuk menghijaukan lingkungan kita dengan bercocok tanam. Karena pada dasarnya hal tersebut sangatlah mudah untuk dipraktekkan. Selamat berkebun teman-teman.... 

NOTE : MARI KITA LESTARIKAN BUMI KITA, HIJAUKAN BUMI INI, KARENA SEKECIL APAPUN TINDAKAN KITA AKAN MEMPENGARUHI KELANGSUNGAN BUMI INI.

JANGAN LUPA BERKREASI MESKIPUN DENGAN BARANG YANG BUKAN BARU LAGI. TERUS BERPIKIR POSITIF DAN MENJADIKAN BUMI PERTIWI SEJAHTERA.

SALAM KANG APIP.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODOLOGI DAN LIPUTAN ANALISIS EKONOMI

PENGERTIAN KINERJA, UKURAN KINERJA MENURUT BEBERAPA AHLI

BAB 1 - ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) PADA PT TIGA PILAR SEJAHTERA FOOD Tbk PERIODE 2013-2015