HIDUP SEHAT DENGAN BERSEPEDA

 


Akhir-akhir ini bersepeda tengah menjadi olahraga favorit masyarakat Indonesia. Berbagai macam komunitas sepeda ramai bermunculan, sepanjang jalan kita sering kali disuguhkan pemandangan orang-orang bersepeda, tentu ini menjadi tren yang positif menjadikan bangsa indonesia sehat dengan bersepeda. Apalagi dimasa pandemi ini, kita dituntut untu memiliki kebugaran tubuh yang prima, salah satunya dengan bersepeda. Namun inget... tetap patuhi protokol kesehatan ya...

Oke kali ini, kang apip mau bahas manfaat apa saja sih, ketika kita rutin bersepeda, menurut berbagai sumber yang akan dirangkum di bawah ini.

1. Mengontrol Berat Badan
 
Bersepeda akan mengontrol berat badan kita, hal ini dikarenakan bersepeda dapat membantu menurunkan kadar lemak tubuh yang akan mengontrol berat badan kita. Karena bersepeda akan meningkatkan metabolisme dan membentuk otot, yang memungkinkan kita membakar lebih banyak kalori.

2. Akan Menguatkan Kaki

Bersepeda akan membantu menguatkan kaki kita, setiap kayuhan yang kita lakukan dalam bersepda akan menjadikan kaki kita menjadi kuat. Namun ada baiknya ditambah dengan berbagai latihan seperti squat, leg presses dan lainnya akan menjadikan kaki kita menjadi kuat. 

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Bersepeda dapat meredakan perasaan stress, apalagi bagi setiap orang yang begitu padat aktivitasnya. Bersepeda akan menekan tingkat kestressan seseorang, kecemasan ataupun ketakutan. Oleh sebab itu, bersepeda sangat baik bagi setiap orang yang hari-harinya padat dengan segala aktivitas, dan weekend digunakan untuk bersepeda. Hidup menjadi sehat dan stresspun berkurang.

4. Meningkatkan Kesehatan Fisik 

Selain baik untuk kesehatan mental,bersepeda juga dapat meningkatkan kesehatan fisik kita. Bersepeda secara teratur tentu akan menghindari gaya hidup yang kurang baik, fisik menjadi sehat, dan dapat membantu mencegah masalah jantung seperti stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, mari kita tingkatkan kesehaatan fisik kita dengan olahraga salah satunya dengan bersepeda.

5. Bersepeda Olahraga Ramah Lingkungan

Zaman Globalisasi merubah pola hidup manusia, contohnya dengan tingginya mobilitas saat ini. Salah satunya adalah dengan hadirnya alat transportasi berbasis mesin dengan menggunakan bahan bakar dimana asap pembakaran yang dihasilkan tidak baik untuk bumi ini. Bersepeda tentu bisa menjadi solusi bagi manusia untuk mengurangi polusi udara tersebut. Bersepeda sangat baik diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, ketika memang jarak yang kita tempuh tidak terlalu jauh. Selain dapat sehatnya, juga membantu mengurangi polusi udara saat ini.

Nah Sekian beberapa manfaat yang kita dapat ketika rutin bersepeda, sangat baik dan patut untuk dilestarikan, namun tetap harus hati-hati dalam mengendarainya.

Salam manis dari kang apip untuk semua netizen indonesia. 
See you... 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODOLOGI DAN LIPUTAN ANALISIS EKONOMI

PENGERTIAN KINERJA, UKURAN KINERJA MENURUT BEBERAPA AHLI

BAB 1 - ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) PADA PT TIGA PILAR SEJAHTERA FOOD Tbk PERIODE 2013-2015