Ramadhan Bulan Berkah

Saat tulisan ini dibuat, Ramadhan hanya tinggal menghitung hari. Sungguh suatu kenikmatan yang amat luar biasa, karena Insyaallah kita akan memasuki bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan, ampunan, rahmat dan kasih sayang Allah Subhaanahu wataa'la.

Bulan Ramadhan kali ini memang akan terasa berbeba, bagaimana tidak, dunia saat ini sedang diuji dengan pandemi covid-19. Mesjid yang senantiasa kita jadikan untuk menunaikan kewajiban umat muslim beribadah berjamaah, kini banyak yang ditutup sementara dan menggantinya dengan ibadah di rumah. kegiatan shalat tarawih berjamaah kita lakukan sendiri-sendiri di rumah saja, terlebih momen buka puasa bersama di mesjid pun turut ikut tidak dilakukan sementara ini. Hal tersebut bertujuan mendukung kebijakan pemerintah yaitu Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus mata rantai dari covid-19 itu sendiri.

Namun, sebagai umat muslim yang bertaqwa, kita harus senantiasa semangat menjalankan ibadah puasa, mengemban tekad untuk membentuk pribadi yang lebih baik lagi dan kita tahu bahwa berpuasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat muslim, sebagimana Seruan Allah Subhaanahu wataa'la di dalam al-quran :
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. (QS Al- Baqarah [2] : 183).

Pada bulan Ramadhan, Allah menurunkan Al-quran yang dijadikan petunjuk, pedoman bagi umat manusia , terutama bagi orang-orang yang bertakwa. Yakni bagi orang-orang yang menginginkan hidupnya dapat meraih kebahagiaan & kesuksesan yang hakiki dunia dan akhirat. semoga kita termasuk orang yang di dalamnya ya. 
(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan -penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)... 
(QS Al-Baqarah [2] : 185)

Pada bulan Ramadhan akan dibukanya pintu - pintu surga serta ditutupnya pintu neraka serta diikat dan dibelenggunya setan-setan sehingga sulit menggoda dan mengganggu orang yang perpuasa. selain itu terdapat bulan yang lebih baik dari seribu bulan atau lebih dikenal dengan malam lailatul qadar. Dengan berbagai keistimewaan dan keberkahan itu, beruntunglah orang- orang tulus dan ikhlas dalam memenfaatkan bulan puasa ini dengan mengisi waktunya untuk beribadah kepada Allah Subhanahu wataa'la semaksimal mungkin. 

Sebaliknya, barangsiapa yang terhalang mendapatkan kebaikan di bulan ini, maka sungguh merugilah ia. (HR Imam Ahmad dari Abu Hurairah).

Bulan Ramadhan menjadi bulan untuk melatih setiap umat muslim manjadi pribadi yang lebih baik. Mengendalikan setiap emosi jiwa, menahan setiap amarah yang tertera, melatih diri untuk senantiasa bersabar, menahan hawa nafsu baik lahir maupun batin, karena sejatinya puasa bukan hanya menahan rasa haus dan lapar saja tapi juga menahan dari hal-hal keburukan. Sehingga pada akhirnya kita bisa menerapkan apa yang kita pelajari di bulan Ramadhan in pada bulan berikutnya selain bulan Ramadhan.

Marhaban Ya Ramadhan 1441 Hijriah, selamat datang bulan Ramadhan. semoga kita bisa menjalankan ibadah puasa ini dengan baik, dengan penuh kekhusyuk'an sehingga kita semua mendapat keberkahan di dunia maupun di akhirat. Dan mari kita sama-sama untuk terus berdoa agar pandemi covid-19 ini segera berakhir. Aamiin Allahumma Aamiin... 


Apip
22 april 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODOLOGI DAN LIPUTAN ANALISIS EKONOMI

PENGERTIAN KINERJA, UKURAN KINERJA MENURUT BEBERAPA AHLI

BAB 1 - ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) PADA PT TIGA PILAR SEJAHTERA FOOD Tbk PERIODE 2013-2015