Pola Kegiatan Perekonomian (konsep Penting)

Konsep Penting

Pasar Barang : tempat dimana perusahaan dan rumah tangga berinteraksi untuk melakukan jual beli barang yang dihasilkan dalam masyarakat.

Pasar Faktor : Tempat dimana perusahaan dan rumah tangga berinteraksi untuk meminta dan menawarkan faktor-faktor produksi, rumah tangga menawarkan tenaga kerja, tanah, modal, dan keahlian keusahawanan. Perusahaan akan mengguankan faktor-faktor produksi tersebut.

Pemerintah : Badan-badan milik pemerintah yang diberi tugas untuk membuat peraturan dalam mengatur kegiatan ekonomi, melaksanan kebijakan fiskal dan moneter dan melakukan kegiatan produktif lainnya.

Perdagangan Barter : kegiatan perdagangan yang biasanya dilakukan dalam perekonomian subsisten yang primitif dimana perdagangan adalah dalam bentuk pertukaran barang (barter) diantara orang yang memilikinya dan orang yang memerlukan. Uang belum digunakan sebagai alat perantara pertukaran. 

Perekonomian modern : perekonomian yang sudah maju dimana kegiatan ekonomi terutama tertumpu disektor industri dan jasa, dan menjalankan kegiatan ekonomi dengan cara yanh efisien dan mencapai tingkat produktivitasnya yang tinggi.

Perekonomian pasar : suatu sistem ekonomi dimana kegiatan produksi dan konsumsi diatur melalui interaksi diantara penjual dan pembeli di pasar barang. Dalam sistem ini penggunaan faktor-faktor produksi juga diatur melalui interaksi perusahaan dan rumah tangga di pasar faktor-faktor produksi.

Perekonomian subsisten : suatu masyarakat yang primitif kegiatan ekonominya sangat terbatas dan setiap rumah tangga melakukan kegiatan memproduksi untuk digunakan dalam keluarganya dan tidak diperdagangkan.

Perekonomian Uang : sistem ekonomi dimana tingkat spesialisasi sudah sangat tinggi, para pekerja menerima pendapatan berupa uang dan uang digunakan untuk melakukan jual beli barang dan jasa.

Perusahaan : pelaku kegiatan ekonomi yang fungsi utamanya adalah memproduksikan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat. Golongan pengusaha akan mengembangkan perusahaan dan mereka akan menggunakan keahlian keusahawanan neraka dan faktor-faktor produksi lainnya untuk memproduksikan barang dan jasa tersebut.

Rumah Tangga : pelaku kegiatan ekonomi yang fungsi utamanya meliputi (i) menyediakan faktor-faktor produksi untuk digunakan oleh perusahaan dan (ii) menggunakan pendapatan yang diperoleh (dari menyediakan faktor-faktor produksi) untuk membeli barang dan jasa yang dibutuhkannya.

Sirkulasi aliran pendapatan : suatu grafik (diagram) yang menjalankan aliran pendapatan dan pembelanjaan yang wujud diantara pelaku-pelaku kegiatan ekonomi, dan terutama diantara perusahaan dan rumah tangga.

Spesialisasi : ciri utama dari kegiatan perekonomian pasar yang modern dimana setiap pelaku kegiatan ekonomi menumpukkan kegiatannya kepada menjalankan suatu kegiatan tertentu dan mendapatkan pendapatan dari kegiatan tersebut. Pendapatan tersebut akan digunakan untuk membeli berbagai barang kebutuhannya.

Sumber : Mikroekonomi, Teori Ekonomi edisi ketiga, Sadono Sukirno.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODOLOGI DAN LIPUTAN ANALISIS EKONOMI

PENGERTIAN KINERJA, UKURAN KINERJA MENURUT BEBERAPA AHLI

BAB 1 - ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) PADA PT TIGA PILAR SEJAHTERA FOOD Tbk PERIODE 2013-2015