TIPS MENJADI PENULIS ALA KANG APIP...

Mungkin diantara teman-teman semua pernah berpikir bagaimana sih caranya untuk menjadi seorang penulis ?
Nah...jika memang itu yang tengah kalian pikirkan.. yang mana begitu sulit rasanya menuangkan kata-kata yang pada akhirnya akan menjadi sebuah cerita yang menarik. Tapi disini akan ada beberapa tips agar kalian tidak ragu lagi mencoba untuk menulis. Mudah-mudahan bisa menginspirasi.

1.       Rajin-rajinlah membaca

Rajin-rajinlah membaca ( buku ataupun dari internet ) , karena dengan terbiasa membaca, akan lebih memudahkan kita menciptakan ide untuk menulis. Ketika kita bingung untuk menuangkan ide kita di dalam sebuah tulisan, hal yang terpenting untuk menulis adalah ciptakan “mood yang baik”, karena dengan kondisi hati yang baik, ide-ide akan sejalan mengalir ke dalam tulisan itu. Di samping itu, membaca akan memperkaya kosa kata, dan tentu akan bisa dijadikan modal terhadap penulisan kita pada nantinya. Dengan begitu, tulisan yang kita buat akan menjadi lebih menarik dengan gaya bahasa yang variatif.

2.      Jangan Ragu

“Jangan ragu” ini adalah dua kata yang seharusnya menjadi acuan kita untuk maju. Bagaimana mungkin seseorang akan maju ketika di dalam hatinya terbesit sebuah keraguan?. Bagaimana seorang penulis akan maju ketika dia ragu untuk menodai kertasnya dengan goresan tinta ?. Bagaimana seorang penulis akan maju ketika dia enggan membuka laptop dan mengalunkan jari-jarinya ke dalam sebuah keyboard ?. jadi mulai sekarang buanglah keraguan itu , dan mulailah dengan percaya diri bahwa kita bisa menjadi seorang penulis.

3.      Percaya diri tapi tidak over

Setelah mood baik kita bangun, rasa ragu sudah hilang, percaya dirilah bahwa kita bisa menulis. Yakinkan diri untuk mulai menulis satu kata yang pada akhirnya akan tercipta seribu kata yang menarik untuk dibaca. Betapa banyak orang yang memiliki potensi lebih pada akhirnya merasa gagal ketika tidak menanamkan rasa percaya diri pada dirinya. Sebenarnya mereka bukan gagal, namun kurang percaya diri saja untuk menampilkan diri bahwa mereka bisa.

4.      Mulai menulis

Inilah tahap kita menulis, jangan ragu untuk menulis, percaya diri untuk mengeluarkan kata-kata . Namun tetap memperhatikan tata bahasa kita, bagaimanapun keindahan bahasa dan kelembutan kata-kata yang tertuang akan menjadi nilai positif tersendiri bagi khalayak yang membaca tulisan kita pada akhirnya. Jadi, mulailah tulis apa yang telah dipikirkan, karena ketika ide itu sudah tertuang, tulisan itu akan sejalan dan mengalir dengan sendirinya.

Minta pendapat
Menjadi hal yang penting tentunya dalam mengevaluasi tulisan kita. Pendapat seseorang terhadap tulisan yang kita buat akan menjadi penilaian tersendiri. Tentu kita harus menerimanya ketika mungkin saja pendapat seseorang tersebut negatif terhadap tulisan kita. Namun dari sini kita tahu, bahwa memang penulisan tersebut masih banyak yang harus diperbaiki. Intinya terus belajar, tetap semangat dan jangan merasa bosan untuk terus menulis.
Itulah sedikit tips memulai menulis bagi yang masih ragu untuk menulis, mudah-mudahan sedikit tulisan ini dapat menginspirasi bagi kita semua. Karena memang untuk menjadi sesorang yang sukses dalam hal apapun membutuhkian perjuangan yang besar dan tentunya disertai doa.
“Semangat untuk generasi muda, kita sebagai penerus bangsa harus mampu menciptakn indonesia yang cerdas selayaknya cita-cita dan tujuan bangsa ini, rajinlah berlatih dan bulatkan tekad menggapai masa depan yang cerah”.

Terima Kasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODOLOGI DAN LIPUTAN ANALISIS EKONOMI

PENGERTIAN KINERJA, UKURAN KINERJA MENURUT BEBERAPA AHLI

BAB 1 - ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) PADA PT TIGA PILAR SEJAHTERA FOOD Tbk PERIODE 2013-2015